Contoh Presentasi Skripsi Yang Benar

Contoh Presentasi Skripsi Yang Benar  || Sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan, biasanya mahasiswa diharuskan membawa laptop / peralatan sendiri untuk sidang. Kemudian mereka diwajibkan menyiapkan demo program dan membuat presentasi.

Presentasi sidang skripsi untuk jurusan komputer (Teknik Informatika, Sistem Informasi, Komputer Akuntansi, Komputer Jaringan, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, dll) intinya adalah rangkuman mengenai skripsi yang telah disusun, di dalamnya mengemukakan judul, latar belakang masalah, maksud dan tujuan, mengulas sistem yang dibangun dan lain-lain.



Biasanya presentasi sidang skripsi terdiri dari 8-15 halaman, idealnya 10 halaman presentasi juga sudah cukup. Bagi yang jago dalam membuat animasi dan desain, biasanya mereka menyertakan gambar, animasi flash, video dan lain-lain, sehingga presentasi tampak lebih menarik dan lebih hidup.

Presentasi untuk sidang skripsi bisa dibuat menggunakan PowerPoint, Adobe Flash, Swiss dan sebagainya. Tetapi kebanyakan presentasi standar dibuat dengan mengunakan Microsoft PowerPoint.
  • Membuat konsep presentasi 
Konsep adalah sebuah gambaran tentang cerita, pesan atau informasi yang akan disampaikan saat melakukan presentasi. Membuat konsep presentasi skripsi yang baik bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan sebuah kerja keras dan kerja cerdas untuk bisa melakukannya.
Untuk itu langkah yang harus Anda lakukan adalah mengorganisasi materi, guna mendapatkan gambaran ringkas dari keseluruhan isi skripsi Anda.
  • Bagaimana caranya?
Silahkan Anda tuliskan poin-poin penting yang ada dalam dalam skripsi Anda. Dan poin-poin itu harus mencakup alasan pemilihan judul (latar belakang masalah), rumusan masalah, tujuan penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, variabel penelitian, alat pengumpul data, taknik analisis data, hasil penelitian, kesimpulan dan saran (rekomendasi). Lakukan ini dengan cermat supaya Anda benar-benar memperoleh gambaran ringkas yang bisa mewakili keseluruhan dari isi skripsi Anda.
  • Membuat Struktur Presentasi Skripsi

langkah selanjutnya adalah membuat struktur presentasi. Hal ini dilakukan supaya Anda mampu menyampaikan presentasi Anda secara baik dan terstruktur. Dengan begitu Anda akan tampil lebih baikdan memudahkan audiens dan dewan penguji mengikuti alur presentasi Anda.

Untuk melakukannya, mulailah dengan membuat outline. Anda bisa membuatnya melalui outline mode di powerpoint, menulisnya di microsoft word, atau kertas yang sudah Anda siapkan. Pilih yang menurut Anda paling mudah Anda gunakan. Cara membuatnya tulislah konten atau kalimat yang akan Anda tampilkan dalam slide.

Tulis semuanya terlebih dahulu. Jangan berpikir untuk mencari gambar atau mendesain slide, sebelum outline Anda jadi. Hal ini bertujuan supaya Anda fokus pada pesan bukan pada desain.
  • Membuat Desain Presentasi Skripsi
Setelah Anda memiliki konsep, dan struktur untuk presentasi Anda, kini saatnya Anda membuat desain slide presentasi. Untuk slide presentasi skripsi yang perlu Anda kedepankan adalah kesederhanaan dan kejelasan. Sederhana maksudnya setiap kalimat yang Anda tampilkan tidak boleh terlampau panjang dan harus mudah dipahami.

Sedangkan kejelasan maksudnya pengunaan latar belakang, warna, jenis font dan ukuran font harus mudah dibaca. Ciptakan kontras yang baik untuk slide presentasi skripsi Anda. Buat perbedaan antar elemen dalam slide Anda dan berikan penekanan pada konten yang akan Anda fokuskan.

Silahkan Anda eksplorasi kemampuan Anda. Dengan sebuah usaha yang sungguh-sungguh Anda pun bisa membuat slide presentasi skripsi yang tampil beda.

Contoh Presentasi Skripsi Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: