Contoh Penulisan Skripsi

Contoh Penulisan Skripsi ||  yang meliputi jenis bahan dan ukuran naskah, tata cara pengetikan dan pemberian tanda urut/penomoran, mengatur pencantuman tabel dan gambar, pedoman tentang ragam bahasa, cara  penulisan nama dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam tata cara penulisan tugas akhir/skripsi.


merupakan kewajiban seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana dan magister. Sebelum menjelaskan tentang skripsi, menurut Ndraha (1998) skripsi merupakan laporan pekerjaan lapangan dan membaca buku-buku untuk membentuk konsep baru yang meliputi fakta serta mengembangkan  hipotesis antara variabel-variabel yang dijabarkan konsep tersebut.
  • Bahan dan Ukuran 

1. Pengetikan Naskah 

Naskah tugas akhir/skripsi diketik dengan menggunakan aplikasi komputer program pengolah kata (word processor). Huruf yang digunakan ialah Times New Roman ukuran 12. Kata-kata pada sampul, judul bab menggunakan huruf ukuran 14 dan ditebalkan (bold). Bilamana perlu, kata, kalimat atau istilah penting dapat dicetak tebal dengan tujuan memberikan perhatian khusus. 


2. Batas Sembir (margin)
Batas-batas pengetikan ditinjau dari tepi kertas diatur dengan jarak tepi atas 4 cm , tepi bawah 3 cm, tepi kiri 4 cm dan tepi kanan 3 cm. Nomor halaman dicetak di kanan atas di luar batas sembir. Nomor halaman tidak dicetak pada halaman pertama (awal) setiap bab tetapi tetap diperhitungkan. 

3. Pengisian Ruang Tulis
Ruang tulis yaitu bagian halaman yang terdapat di sebelah dalam batas sembir, sedapat mungkin diisi penuh, artinya penulisan dimulai dari batas sembir kiri sampai ke batas sembir kanan tanpa ada ruang yang terbuang. Pengecualian hal tersebut berlaku jika akan memulai alinea baru,
 persamaan, daftar, rincian ke bawah, gambar, sub judul, atau hal-hal yang khusus. 

4. Pencetakan 
Naskah dicetak dengan mesin pencetak (printer) bukan dot matrix diatas kertas HVS 80 gram ukuran (21 x 29,7 cm), berwarna putih dengan menggunakan tinta berwarna hitam pada satu muka (tidak bolak-balik). Bila diperlukan, gambar, skema, foto dan peta dapat dicetak berwarna dengan pemilihan warna yang kontras dan jelas. 

5. Sampul 
Sampul dibuat dari kertas buffalo atau yang sejenis, diperkuat dengan karton dan dilapisi dengan plastik. Warna sampul skripsi adalah hijau muda dengan tulisan tinta hitam. 
6. Jarak dan Spasi 
Penulisan teks menggunakan spasi 1½ kecuali untuk penulisan abstrak dan kutipan langsung dengan spasi tunggal juga judul dan daftar isi, daftar tabel dan daftar gambar, daftar lampiran serta pustaka yang lebih dari satu baris. 

Contoh Penulisan Skripsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar